Kamis, 17 Maret 2011

Belajar Flash , Dimulai darimana !?

Akhirnya posting lagi , setelah lama blog ini mati suri dan berdebu (kosrek-kosrek , sambil bersihin sarang laba-laba).Beberapa waktu terakhir , saya lagi keranjingan sama yang namanya flash ActionScript 3.Kenapa Disebut Flash ActionScript 3 !? Karena bukan ActionScript 2 (AS2). :D
Dan saya menekankan pada penggunaan source code dibanding timeline dalam menggerakan sebuah objek movie clip misalnya.Apa pula movie clip ?Okelah , kita bahas satu-satu yak !?Saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai alur belajar flash agar cepat mengerti (terutama kaum newbie seperti saya).
Bila anda ingin menjadi user flash yang versatile , dalam artian anda sebagai designer dan coder , ada beberapa hal penting yang harus di ingat dan di lakukan.

1.Untuk designer
Komentar saya mengenai tool design objek gambar bawaan flash adalah sangat payah !!Ini wajar , toh flash adalah produk adobe (setelah di akusisi dari macromedia).Dalam hal ini adobe menjaga kepentingan pasar agar flash tidak rebutan lahan sama produk adobe lainnya seperti photoshop atau Illustrator.Nah karena kekurangan itulah , saya menggunakan tool lain dalam pengelohan objek gambar sebelum di gunakan dalam flash.Apa sajakah !?
-Adobe Illustrator :: Membuat gambar sesuai imajinasi , bentuk 3D misalnya.Saya menggunakan CS5 dalam hal ini.

-Adobe photoshop :: Mengolah gambar hasil dari illustrator , fungsi layer  serta pengaturan komposisi warna merupakan fasilitas yang tidak saya dapat pada illustartor.Ini penting bagi saya , sebelum membuat tampilan flash , saya selalu menyusun gambar-gambar yang ada agar pas ketika di gunakan dalam flash.saya menggunakan CS3

-Electric Rain Swift 3D :: Tool animasi 3D yang user friendly.Memperkaya tampilan flash anda.

-Fruity Loop , adalah tool untuk membuat efek suara , agar flash application kita lebih kaya akan kreasi.

Saya menyatukan kemampuan saya dalam menggunakan semua tool di atas untuk membuat objek yang nantinya akan digunakan dalam flash.Saya lebih senang menyebutnya resources.

2.Untuk programmer.
Bila sebelumnya anda menggunakan AS2 dalam pemrograman flash , percayalah , anda akan belajar dari nol bila menggunakan AS3.Karena ini merupakan bahasa pemrograman yang benar-benar baru dan secara syntax berbeda cukup jauh dengan AS2.Namun jangan khawatir , AS3 itu lebih mudah di mengerti dan logical rule-nya lebih terasa dari AS2.Bila anda pernah mempelajari bahasa pemrograman scripting seperti javascript atau turunannya misalnya JQuery , atau Java mungkin , maka anda akan sangat cepat mempelajari AS3.Ini wajar , AS3 dibuat berdasarkan standardisasi ECMA (European Computer Manufacturer's Association script ).Layaknya javascript.Dan yang paling penting , AS3 benar-benar full OOP (object oriented programming).Anda bisa menggunakan si seksi class dan si aduhai function didalamnya.Inilah yang sangat memotivasi saya dalam mempelajari flash.Jadi secara syntax , harusnya gak ada masalah dong ?
Lalu tool apa yang membantu kita dalam hal pengkodean !?

Layaknya pemrograman objek lainnya , flash pun mendukung library.Yaitu sekumpulan script siap pakai buah tangan para developer dermawan.Saya sendiri menggunakan library greensock untuk menunjang tween (pergerakan objek) serta pappervision untuk menangani masalah 3D.Bahkan untuk library terakhir yang saya sebutkan , mendukung objek gambar berformat DAE (COLLADA) yang di eksport dari Blender atau 3DS MAX.Harusnya , makin oke aja deh tampilan flashnya.Tapi untuk blender dan 3DS Max , saya belum tau :(

3.Tips

Bila anda bingung membangun sebuah aplikasi flash yang sangat kompleks , maka pecahlah komponen-komponen flash tersebut menjadi bagian-bagian kecil.Lalu mulai kerjakan satu persatu.Maksudnya !?Aduh saya juga bingung :D

Gini deh , misal kita mempunyai sebuah objek gambar tank yang rodanya berputar , bisa menembak , dan hancur bila terkena tembakan.Berarti , anda akan memiliki beberapa movie clip untuk membuat tank tersebut.

Yaitu movi clip peluru dengan segala hal remeh temehnya , movie clip roda , dan movie clip ledakan.Pisahkan ketiga movie clip tersebut menjadi objek terpisah menjadi bagian-bagian kecil.Jadi se-kompleks apapun aplikasi flash anda ,  pengerjaannya tidak akan terlalu ribet dan pusing.(Tapi pasti anda pusing dengan tulisan saya :D )


Cukup deh postingan saya kali ini.Oia , saya juga sempat membuat dua buah flash blog hasil belajar saya.Yaitu blog komunitas skater bisa di lihat DISINI , dan blog profile saya bisa dilihat DISINI.Itu pake flash loh , selamat menilai aja ya.

Oia , bila anda berminat untuk mempelajari delphi 7 dari tingkat dasar sampai mahir membuat aplikasi database sendiri.Silahkan kunjungi blog video tutorial saya DISINI.Tersedia video tutorial praktek selama 3 jam yang akan menuntun anda dengan mudah mempelajari pemrograman Delphi 7.

Simak Juga Tutorial Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar