Kamis, 09 Juni 2011

Cara Install Komponen Quick Report Pada Delphi 7

Selamat siang agan-agan.Kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara intsalasi Quick report berikut penjelasan dasar penggunaannya.Sebelumnya , apa sih Quickreport itu !?Quick report adalah komponen yang berfungsi untuk menampilkan laporan dari data yang telah di input sebelumnya.Kenapa Quick report !?Kenapa enggak !? Hehehe.Selain Quick report , memang ada Ravereport yang terinstall pada delphi 7.Namun menurut saya sebagai orang awam , Quick report lebih mudah cara penggunaannya.Okey , mari kita mulai.
Pertama buka borland delphi 7 anda.Pilih component -> install packages -> lalu tekan tombol add.Cari file bernama dclqrt70.bpl (pada folder bin) lalu open.Bila berhasil , maka pada pallete komponen akan muncul Quick report.Okey , sangat mudah bukan !? Lalu fungsi-fungsi komponen pada pallete tersebut untuk apa !? Mari kita bahas satu persatu yang sering di gunakan.

1.TQuickRep
Merupakan layout utama dari Quick report.Setiap komponen pada pallete Quick report , bisa di tambahkan kesini.

2.TQRBand
Komponen yang memberikan sekat/batas pada TQuickRep.Anda hanya bisa menambahkan komponen ini pada TQuickRep.

3.QRlabels/QRControls
Merupakan label yang bisa di tambahkan ke TQuickrep.Anda tidak dapat menambahkan label pada kompone pallete standart pada TQuickRep.

4.QRDBText/QRControls
Merupakan label dimana nilainya dinamis berdasarkan data pada database.

5.QREXPR
Merupakan komponen label yang memiliki nilai sesuai formula yang telah di setting sebelumnya.

Okey , 5 komponen tersebut merupakan komponen yang sering di gunakan pada pembuatan laporan dengan Quickreport.Silahkan explore untuk komponen yang lainnya.Sekian tutorial kali ini , semoga bermanfaat.

Oia , bila anda berminat untuk mempelajari delphi 7 dari tingkat dasar sampai mahir membuat aplikasi database sendiri.Silahkan kunjungi blog video tutorial saya DISINI.Tersedia video tutorial praktek selama 3 jam yang akan menuntun anda dengan mudah mempelajari pemrograman Delphi 7.

    Simak Juga Tutorial Lainnya:

    1 komentar:

    Anonim mengatakan...

    gan saya udh ngikutin lngkah2nya. .
    cma pas di tab qreportnya cma ada tool Tchart doang. .
    gmana tuh gan?

    Posting Komentar