Selasa, 14 Juni 2011

Cara Membuat Animasi Sederhana Di Delphi 7

Selamat siang agan-agan.Pada kesempatan kali ini , saya akan membahas mengenai Cara Membuat Animasi Sederhana Di Delphi 7.Apakah bisa !? Bisa dong , walaupun gak secanggih flash.Animasi yang saya maksud ialah menggerakan komponen button ketika run-time.Sangat sederhana , namun cukup sebagai pemanis untuk program yang akan kita buat nantinya.Seperti apa cara membuatnya !? Makanya terus baca tutorial ini sampai selesai sembari di praktekan.Seperti biasa , buka borland delphi anda.
Setting form1 properties width menjadi 450.Tambahkan 1 komponen button rubah properties captionnya menjadi 'kanan'.Properties widthnya menjadi 90 dan properties left nya menjadi 30.Tambahkan juga 1 buah komponen timer , rubah properties intervalnya menjadi 10 dan properties enablednya false.Double-klik komponen timer1 dan tambahkan kode berikut


procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
var a,b:Integer;
begin
  if Button1.Caption='kanan' then
    begin
      a :=  Button1.Left;
      b := a + 10;
      Button1.Left := b;
      if Button1.Left>=300 then
        begin
          Button1.Caption:='kiri';
          Timer1.Enabled := false;
        end;
    end
  else
    begin
      a :=  Button1.Left;
      b := a - 10;
      Button1.Left := b;
      if Button1.Left<=30 then
        begin
          Timer1.Enabled := false;
          Button1.Caption:='kanan';
        end;
    end;
end;

Kode diatas berfungsi untuk menggerakan button ke kiri dan ke kanan.Dengan menambahkan properties leftnya secara berkala sampai pada nilai 300.Dan menguranginya sampai dengan 30.Double-klik button1 dan tambahkan kode berikut.

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
  Timer1.Enabled:=true;
end;

Lalu jalankan program anda.Klik button1 dan harusnya button1 tersebut bergerak ke samping kanan.Setelah berhenti dan di klik lagi maka akan bergerak ke samping kiri.Sangat mudah bukan !? Cukup sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.

Simak Juga Tutorial Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar