Selasa, 12 Juli 2011

Mesin Penukar Koin

Ditukar menjadi apa? Tentu menjadi uang kertas.
Untuk sebagian teman-teman, supaya memiliki gambaran, saya akan jelaskan beberapa koin USA beserta nilainya.
1 Dollar = 100 sen
Anggap saja kurs US dollar terhadap rupiah sekarang,
1 Dollar = 10.000 rupiah. Dengan kata lain,
1 sen = 100 rupiah
Berikut ini adalah beberapa koin yang paling umum beredar di USA:


 







Gambar di atas menjelaskan nilainya (25 sen, 10 sen, 5 sen, dan 1 sen), beserta “julukan” dari masing-masing koinnya. Untuk orang-orang di sini, memang lebih umum menyebutkan julukannya daripada nilai nominalnya. Sebenarnya ada beberapa jenis koin lagi, tapi empat itulah yang sangat umum.
Di dekat tempat saya, mesin ini berada pada Meijer. Apa langkah pertamanya? Tentu dengan membawa koin yang kita miliki.














Nah ini koin-koin saya. Saya berencana untuk menukarkan koin penny (1 sen) saja, karena koin ini yang banyak sekali (dan jarang terpakai). Sedangkan koin-koin lain (Dime, Nickel, Penny) saya simpan saja.




































Yuhuu..ini dia mesinnya.

Dan ini petunjuknya.














“Ch-Ching…ubah koin anda menjadi gas”. Wah saya baru sadar kalau mesin ini bisa mengubah koin menjadi gas? Hahaha..














Ini tempat penampungan koin nya. Kalo sudah penuh, nanti tinggal diangkat tuas merahnya, dan koinnya masuk ke mesinnya melalui celah di sebelah kanan bawah (mungkin tak terfoto).







































































Oke, sudah selesai lho! Betul kan saya bilang, koin penny sangat banyak, ada 314 keping. Tapi, mengapa saya hanya mendapat 2.86 dollar? harusnya 3.14 dollar dong?
Karena, sisanya adalah uang pembayaran pemakaian mesin yaitu 8.9 sen per dollar.Yah, tidak terlalu banyak, yang penting kepingan koin sudah menipis dan tidak merepotkan lagi.
Kemudian selanjutnya? Ambil kuitansi yang di-print mesinnya.




































Eh ternyata ada 2 koin lagi, jadi totalnya 316 hehehe. Kuitansi ini dibawa kepada kasir, dan kasir akan memberi kita uang sesuai dengan nominal yang tertera

Dan saya mendapatkan 2 lembar uang 1 dollar, 2 keping quarter, 3 keping dime, 1 keping nickel, dan 3 keping penny.

Simak Juga Tutorial Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar